Kamis, 08 September 2011

Pentingkah membuat cash flow????

Cash flow atau aliran kas adalah alur masuk dan keluarnya kas akibat adanya aktivitas perusahaan. Fungsi dari cash flow sendiri adalah memberikan berbagai informasi yaitu :
1. Likuiditas
    Cash flow memberikan informasi tentang seberapa besar kemampuan kita dalam membayar hutang atau melunasi kredit. Dengan demikian cash flow juga menjadi acuan Debitur dalam memberikan kredit keada perusahaan.
2. Menjadi media dalam menentukan estimasi penerimaan dan pengeluaran perusahaan dalam beberapa periode berikut.
3. Informasi yang diberikan cash flow atas aliran kas masuk dan kas keluar bisa menjadi dasar penentuan kebijakan manajemen atas strategi bisnis yang akan dijalankan, atau yang sudah dijalankan untuk dipertahankan.

Dari ketiga fungsi cash flow yang saya sebutkan di atas mungkin bisa dikembangkan lagi sesuai dengan pengalaman masing-masing. Singkatnya cash flow adalah gambaran riil dari aktivitas atau usaha yang telah kita lakukan dan bentuk dari estimasi atau rancangan kita untuk aktivitas  usaha masa yang akan datang, dengan demikian cash flow juga bisa menjadi pembanding antara estimasi dan kondisi riil yang akhirnya menjadi dasar yang penting dalam menentukan kebijakan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar